7 Fakta Menarik Tentang Bolivia

7 Fakta Menarik Tentang Bolivia

0 Comments

Bolivia adalah negara daratan di Amerika Selatan dengan budaya yang kaya dan banyak fitur geografis dan landmark yang menarik. Rumah bagi beberapa kota tertinggi di dunia dan lebih dari 30 bahasa resmi, Bolivia juga merupakan salah satu negara paling beragam secara biologis di dunia. Untuk mengetahui apa yang membuat negara ini begitu unik, berikut beberapa fakta menarik tentang Bolivia.

1. Populasi yang Besar

Perkiraan populasi Bolivia adalah 11,6 juta dan sebagian besar (sekitar 63%) adalah penduduk asli Bolivia. Ini berarti Bolivia adalah rumah bagi sebagian besar penduduk asli di Amerika Latin.

2. Beragam Bahasa

Bolivia memiliki 37 bahasa resmi – Spanyol dan 36 bahasa asli yang berbeda. Bahasa yang paling banyak digunakan di Bolivia adalah Spanyol, Quechua, Aymara dan Guarani.

3. Danau Tertinggi yang Dinavigasi di Dunia

Danau Titicaca terletak tinggi di Pegunungan Andes dan melintasi perbatasan Bolivia dan Peru. Ini adalah danau air tawar terbesar di Amerika Selatan (berdasarkan volume dan luas permukaan) dan dengan kedalaman 280 meter (920 kaki), ini juga salah satu yang terdalam. Namun, klaim utama ketenarannya adalah bahwa ini adalah ‘danau dinavigasi’ tertinggi di dunia. Ini adalah 3.812 meter (12.507 kaki) di atas permukaan laut.

4. Dataran Garam Terbesar di Dunia

Di Bolivia, Anda akan menemukan Salar de Uyuni, dataran garam terbesar di dunia. Ketika danau prasejarah mengering, ia meninggalkan lapisan garam tebal yang besar dengan pola poligonal. Sungguh pemandangan yang luar biasa. Di dataran garam, Anda juga akan menemukan hotel garam pertama di dunia El Palacio de Sal (Istana Garam). Segala sesuatu di hotel – dinding, lantai, langit-langit, tempat tidur, meja, dan kursi – terbuat dari garam yang diekstrak dari Salar de Uyuni.

5. Flamingo

Bolivia adalah rumah bagi tiga dari enam spesies flamingo dunia; Chili, Andes dan James ’Flamingo. Flamingo Andes dan James keduanya sangat langka. Banyak orang berasumsi bahwa flamingo James punah sampai koloni kecil berkembang biak ditemukan pada tahun 1957 di dataran tinggi Andes.

6. Kolita Bolivia Memakai Pakaian Warna-Warni

Pakaian penduduk asli Andes di Bolivia sangat berwarna, namun gaya pakaian dan topi berbeda menurut wilayah. Wanita pribumi Andes Bolivia dikenal sebagai cholitas – dulu istilah yang merendahkan, sekarang diklaim kembali oleh generasi baru. Mereka sering memakai topi bowler, rok tebal dan lipit yang disebut pollera dan syal yang disebut mantilla. Mereka menggunakan selimut warna-warni (aguayo) untuk membawa barang-barang di punggung mereka. Anda akan melihat mereka membawa apa saja mulai dari anak-anak hingga ayam di aguayo mereka yang penuh warna.

7. Kota Tertinggi di Dunia

Dua dari kota tertinggi di dunia ada di Bolivia. Di ketinggian 3.640 meter (11.942 kaki), La Paz adalah ibu kota tertinggi di dunia. Namun, pinggiran La Paz di El Alto sebenarnya lebih tinggi pada 4.150 meter (13.615 kaki).

Potosí berada di ketinggian 4.090 meter (13.420 kaki) dan merupakan situs Warisan Dunia UNESCO. Itu pernah menjadi kota pertambangan perak yang penting dan salah satu kota terbesar di seluruh Amerika.

Sebagai fakta menyenangkan, Bolivia memiliki dua ibu kota. La Paz adalah ibu kota administratif dan pusat pemerintahan dan Sucre adalah ibu kota sebenarnya dari Bolivia sebagaimana ditentukan dalam konstitusinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *